Iklan memiliki beberapa jenis yaitu sebagai berikut:
1. Berdasarkan isinya, terdapat iklan
pemberitahuan yang bertujuan untuk menarik perhatian orang tertentu melalui
sebuah informasi atau pemberitahuan, contoh iklan pemberitahuan seperti Iklan
berita duka cita dan Iklan reuni alumni sekolah. Selanjutnya, iklan penawaran
bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai. Contoh iklan
penawaran seperti Iklan penawaran barang/ produk, misalnya tas, sepatu,
smartphone, dan lain-lain dan Iklan penawaran jasa, misalnya jasa kurir, jasa
pengobatan alternatif, dan lain-lain. Kemudian ada iklan layanan masyarakat
yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat
tentang suatu isu atau hal tertentu. Iklan layanan masyarakat dibuat oleh
lembaga atau instansi pemerintah atau organisasi non-profit.
2. Berdasarkan media yang dipakai,
maka terdapat Jenis iklan yang dipasang pada media yang memakai teknik cetak,
baik itu berupa laser, sablon, letterpress, dan lain-lain. Contoh iklan cetak
sering kita lihat di surat kabar, majalah, tabloid, poster, stiker, dan lain
sebagainya. Kemudian, media berbasis perangkat elektronik seperti radio,
televisi, film, dan media digital interaktif (internet). Berikut adalah
beberapa iklan elektronik, meliputi Iklan radio yang hanya bisa didengarkan
saja karena bentuknya hanya suara (audio). Contoh iklan radio adalah Ad-lib,
Spot, dan Sponsor Program. Selanjutnya, iklan televisi terdapat unsur suara,
gambar, gerak, dan teks, sehingga lebih menarik bagi audiens. Beberapa contoh
iklan televisi adalah Live Action, Animation, Stop Action, Musik, Sponsor
Program, Running Text, Backdrop, Credit Title. Kemudian, iklan film yang dapat
dilihat ketika kita melihat sebuah film/ cinema. Biasanya iklan tayang sebelum
film dimulai dimana bentuk iklan adalah live action, dan endorsement. Juga Iklan
media digital interaktif, iklan jenis ini tayang di berbagai media online yang
banyak pengunjungnya. Beberapa jenis iklan di media digital diantaranya Banner
& Button, Website, Sponsorship, Search Engine Marketing, Email Marketing,
Classified Ads, Social Media Marketing, dan lain-lain serta terakhir Iklan luar
ruang yang mana jenis iklan ini adalah iklan elektronik yang berada di luar
ruangan dan posisinya terlihat khalayak ramai. Beberapa contoh iklan luar ruang
ini adalah iklan transit, mobile billboard, outdoor standar, display, dan
lainnya.
3. Iklan berdasarkan tujuannya, maka
terdapat iklan komersial yang bertujuan untuk mencari keuntungan ekonomi, atau
untuk meningkatkan penjualan. Jenis iklan komersial dapat dibagi tiga, yaitu
Iklan konsumen yang ditujukan pada konsumen akhir (end consumer) suatu produk.
Iklan Bisnis yang ditujukan kepada pihak yang dapat mengolah atau menjual
produk yang diiklankan kepada konsumen akhir. Iklan Profesional yang ditujukan
bagi segmen tertentu, yaitu para profesional. Kedua, iklan Jenis iklan
non-komersial umumnya dibuat untuk tujuan memberikan informasi, ajakan, dan
edukasi terhadap masyarakat. Iklan ini tidak untuk mendapatkan keuntungan
ekonomi, namun untuk keuntungan sosial bagi semua masyarakat. Keuntungan yang didapat
dari iklan tersebut adalah adanya pengetahuan, kesadaran, sikap, dan perubahan
perilaku masyarakat terhadap isu yang diiklankan. Contoh iklan masyarkat
misalnya kampanye Keluarga Berencana, iklan pentingnya pendidikan, iklan bahaya
rokok, iklan global warming, iklan bahaya demam berdarah, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar