Selasa, 27 November 2018

3 Jenis Iklan


      
     Iklan memiliki beberapa jenis yaitu sebagai berikut:
1. Berdasarkan isinya, terdapat iklan pemberitahuan yang bertujuan untuk menarik perhatian orang tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan, contoh iklan pemberitahuan seperti Iklan berita duka cita dan Iklan reuni alumni sekolah. Selanjutnya, iklan penawaran bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai. Contoh iklan penawaran seperti Iklan penawaran barang/ produk, misalnya tas, sepatu, smartphone, dan lain-lain dan Iklan penawaran jasa, misalnya jasa kurir, jasa pengobatan alternatif, dan lain-lain. Kemudian ada iklan layanan masyarakat yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat tentang suatu isu atau hal tertentu. Iklan layanan masyarakat dibuat oleh lembaga atau instansi pemerintah atau organisasi non-profit.
2. Berdasarkan media yang dipakai, maka terdapat Jenis iklan yang dipasang pada media yang memakai teknik cetak, baik itu berupa laser, sablon, letterpress, dan lain-lain. Contoh iklan cetak sering kita lihat di surat kabar, majalah, tabloid, poster, stiker, dan lain sebagainya. Kemudian, media berbasis perangkat elektronik seperti radio, televisi, film, dan media digital interaktif (internet). Berikut adalah beberapa iklan elektronik, meliputi Iklan radio yang hanya bisa didengarkan saja karena bentuknya hanya suara (audio). Contoh iklan radio adalah Ad-lib, Spot, dan Sponsor Program. Selanjutnya, iklan televisi terdapat unsur suara, gambar, gerak, dan teks, sehingga lebih menarik bagi audiens. Beberapa contoh iklan televisi adalah Live Action, Animation, Stop Action, Musik, Sponsor Program, Running Text, Backdrop, Credit Title. Kemudian, iklan film yang dapat dilihat ketika kita melihat sebuah film/ cinema. Biasanya iklan tayang sebelum film dimulai dimana bentuk iklan adalah live action, dan endorsement. Juga Iklan media digital interaktif, iklan jenis ini tayang di berbagai media online yang banyak pengunjungnya. Beberapa jenis iklan di media digital diantaranya Banner & Button, Website, Sponsorship, Search Engine Marketing, Email Marketing, Classified Ads, Social Media Marketing, dan lain-lain serta terakhir Iklan luar ruang yang mana jenis iklan ini adalah iklan elektronik yang berada di luar ruangan dan posisinya terlihat khalayak ramai. Beberapa contoh iklan luar ruang ini adalah iklan transit, mobile billboard, outdoor standar, display, dan lainnya.
3. Iklan berdasarkan tujuannya, maka terdapat iklan komersial yang bertujuan untuk mencari keuntungan ekonomi, atau untuk meningkatkan penjualan. Jenis iklan komersial dapat dibagi tiga, yaitu Iklan konsumen yang ditujukan pada konsumen akhir (end consumer) suatu produk. Iklan Bisnis yang ditujukan kepada pihak yang dapat mengolah atau menjual produk yang diiklankan kepada konsumen akhir. Iklan Profesional yang ditujukan bagi segmen tertentu, yaitu para profesional. Kedua, iklan Jenis iklan non-komersial umumnya dibuat untuk tujuan memberikan informasi, ajakan, dan edukasi terhadap masyarakat. Iklan ini tidak untuk mendapatkan keuntungan ekonomi, namun untuk keuntungan sosial bagi semua masyarakat. Keuntungan yang didapat dari iklan tersebut adalah adanya pengetahuan, kesadaran, sikap, dan perubahan perilaku masyarakat terhadap isu yang diiklankan. Contoh iklan masyarkat misalnya kampanye Keluarga Berencana, iklan pentingnya pendidikan, iklan bahaya rokok, iklan global warming, iklan bahaya demam berdarah, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Blog

  Dalam buku Guru Go Blog (2013), blog adalah kependekan dari kata weblog . Blog merupakan aplikasi web yang di dalamnya berisi konten ...