1. Media Massa Cetak
Media
massa cetak merupakan media komunikasi yang bersifat tertulis/ tercetak. Media massa cetak menjadi media yang muncul pertama kali
di dunia. Media masa
cetak ini pada awalnya digunakan oleh pemerintah untuk mendoktrin
masyarakat, sehingga mampu membawa masyarakat pada tujuan tertentu.
Cooley dalam jurnal menyebutkan bahwa awal pembentukan media masa
seperti surat kabar, majalah, dan buku secara
umum digunakan untuk mengikis segala hambatan
isolasi diantara penduduk di dunia dan menghasilakn perubahan penting
dan fungsi dalam kehidupan masyarakat. Selanjutnya Cooley menjelaskan ada dua tujuan organisasi media dalam berkomunikasi dengan khalayaknya,
pertama dalam rangka membuka isolasi komunikasi antar penduduk dunia dan kedua
untuk perubahan penting dalam organisasi dan fungsi masyarakat.
Media cetak dapat dibagi menjadi dua,yaitu:
Surat
kabar muncul pada jaman transisi dimana jaman itu berada pada abad ke 14. Hal ini ditandai dengan adanya beberapa pabrik kertas di Eropa yang
mengacu pada teknologi yang dimiliki oleh bangsa China. Surat kabar merupakan
media komunikasi yang berisikan informasi aktual dari berbagai aspek kehidupan,
seperti politik, ekonomi, sosial, kriminal, budaya, seni, olahraga, luar
negeri, dalam negeri, dan sebagainya.Surat
kabar adalah lembaran yang tercetak berwarna maupun tidak berwarna baik itu
berupa gambar, grafik, ilustrasi ataupun tulisan yang terbit secara periodik,
aktual dan isinya dari berbagai aspek kehidupan seperti politik, ekonomi,
olahraga dan hal lainnya yang tujuannya agar diketahui oleh pembaca. Informasi yang disajikan
dlam surat kabar harus mampu menjawab pertanyaan 5W+ 1H ( what, who, when, why, where, dan how).
Majalah adalah sebuah media publikasi
atau terbitan secara berkala yang memuat artikel–artikel dari berbagai penulis. Selain memuat artikel, majalah juga berisi cerita pendek,
gambar, review, ilustrasi atau fitur lainnya yang mewarnai isi dari majalah. Dalam majalah ada gambar-gambar yang
bertujuan sebagai ilustrasi dari tulisan dan juga bertujuan untuk membuat isi
majalah menjadi cantik dan menarik. Gambar-gambar tersebut bisa berbentuk
gambar orang, gambar benda, atau gambar kartun. Majalah telah
mengungguli media lain dengan inovasi yang telah signifikan dalam jurnalisme,
advertising,
dan sirkulasi. Inovasi ini mencakup laporan investigasi, profil tokoh secara lengkap,
dan foto jurnalisme yang sekarang bisa di sebut
investigasi reporting. Berdasarkan waktu
terbitnya majalah ada beberapa jenis yaitu sebgai berikut.
1)
Majalah Mingguan
Majalah ini terbit setiap minggu sekali. Berita yang diangkat adalah berita
in depth news dengan
jenis berita adalah berita news atau tentang sebuah peristiwa.
2)
Majalah Tengah Bulanan
Terbit setiap dua bulan sekali, berita yang disajikan bersifat informatif
dan biasanya memuat tentang berita life
style atau gaya hidup
3) Majalah Bulanan
Hanya terbit sekali dalam
sebulan, berita yang disampaikan biasanya termasuk investigasi atau berita yang
didapat dari hasil penelitian.
4) Majalah Dwibulanan
Majalah ini terbit sekali dalam
dua bulan, isi berita biasanya terkait dengan laporan dan hasil aktivitas
sesuatu. Misalnya, laporan neraca perusahaan atau juga majalah yang berisi
laporan pendapatan sebuah lembaga zakat.
5) Majalah Tribulanan
Konsepnya hampir sama dengan majalah dwibulanan, yang
membedakan hanya masalah waktu terbit, yang dilakukan setiap tiga bulan sekali.
Media
massa elektronik adalah sebuah media yang memuat berbagai macam informasi dalam
bentuk suara, gambar, atau perpaduan antara suara dengan gambar yang bekerjanya
berdasarkan prinsip elektronik. Media massa elektronik menyampaikan informasi
dengan cara memperdengarkan suara, memperlihatkan gambar, serta dengan
menampilkan proses terjadinya suatu peristiwa. Media massa elektronik secara
garis besar dibedakan menjadi dua jenis yaitu televise dan radio. Berikut ini
adalah penjelasan mengenai ragam media massa elektronik.
a. Televisi
Televisi
merupakan sebuah media massa yang tidak asing lagi bagi kita. Televisi saat ini
memang sudah menjadi media massa terpopuler di kalangan masyarakat, salah
satunya masyarakat Indonesia. Televisi dapat ditemukan di mana saja. Di rumah,
sekolah, kantor, warung makan, dan lain sebagainya terdapat televisi. Hampir
semua orang di dunia ini sudah tahu dan juga menggunakan televisi.
Secara
terminologis istilah televisi berasal dari bahasa Latin yaitu tele dan vision yang artinya “melihat sesuatu dari jarak jauh”. Televisi
menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah sistem penyiaran gambar yang
disertai dengan bunyi (suara) melalui kabel atau melalui angkasa dengan
menggunakan alat yang merubah cahaya (gambar) dan bunyi (suara) menjadi
gelombang listrik dan mengubahnya kembali menjadi berkas cahaya yang dapat
dilihat dan bunyi yang dapat di dengar. Dari definisi tersebut, dapat
disimpulkan bahwa televisi adalah media massa yang menampilkan siaran berupa
gambar dan suara yang dapat dilihat dan juga didengar yang diproduksi di suatu
tempat dan dapat dilihat dari tempat lain yang jaraknya jauh.
Televisi berperan sebagai alat untuk
menyampaikan informasi, memberikan hiburan, dan juga memberikan pengetahuan
bagi penontonnya. Hal-hal yang disiarkan di televisi pada umumnya mempengaruhi
sikap, pandangan, persepsi, dan perasaan para penontonnya. Televisi mampu
memberikan pengaruh psikologis bagi penontonnya. Pengaruh psikologis dari
televisi yaitu seakan-akan menghipnotis pemirsa, sehingga mereka telah hanyut
dalam keterlibatan akan kisah atau peristiwa yang disajikan oleh televisi. Televisi menyajikan berbagai program pada
penontonnya. Program acara televisi, terdiri dari :
a. Program Informasi
Segala
jenis siaran yang
tujuannya menambah pengetahuan
(informasi) kepada penonton.
1.
Berita keras (Hard News) adalah sebuah berita yang
sajiannya berisi segala informasi penting dan menarik. Berita ini harus
segera disiarkan oleh
media penyiaran kerena
sifatnya yang penting untuk
segera diketahui khalayak. Jenis beritanya biasanya berita tentang
hukum, criminal, bisnis, dan juga politik.
2.
Berita lunak (Soft
News) adalah sebuah program
berita yang menyajikan
informasi penting dan
menarik yang disampaikan
secara mendalam. Berita ini
tidak bersifat harus
segera ditayangkan. Biasanya
beritanya seputar kuliner, pariwisata, pendidikan, dan lain sebagainya.
b. Program Hiburan Segala bentuk
siaran yang dibentuk untuk
menghibur audiens dalam bentuk musik, cerita, dan permainan. Berikut yang
termasuk dalam kategori hiburan.
1.
Drama adalah
pertunjukan yang menyajikan
cerita mengenai kehidupan atau
karakter seseorang atau
beberapa orang (tokoh)
yang diperankan oleh pemain
(artis) yang melibatkan konflik
dan emosi. Program televise yang termasuk dalam program drama adalah sinetron
dan film. Sinetron disebut juga
dengan opera sabun
(soap opera atau
daytime serial) merupakan drama
yang menyajikan cerita
dari berbagai tokoh
secara bersamaan, masing-masing tokohmemilki
alur cerita mereka
sendiri-sendiri tanpa harus dirangkum menjadi suatu kesimpulkan.
Film yang ditayangka di televisi adalah film
layar lebar yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan film. Berbeda dengan
sinetron film hanya selesai sekali tayang.
2.
Program permainan
adalah bentuk program yang
melibatkan sejumlah orang
baik secara individu
ataupun kelompok (tim) yang
saling bersaing untuk
mendapatkan sesuatu, menjawab pertanyaan dan memenangkan
permainan. Program permainan atau kuis ini biassanya melibatkan peserta dari
kalangan biasa atau anggota masyarakat, namun terkadang
khusus melibatkan orang-orang
terkenal (selebritis). Selain kuis ada juga program permainan yang
menuntut ketangkasan juga kemampuan
fisik pesertanya untuk melewati sesuatu rintangan.
3.
Reality
show merupakan program
yang menayangkan suatu realita kehidupan sosial tanpa dibuat-buat dan
berdasarkan kisah nyata yang di ambil dari masyarakat biasa atau orang awam
bukan selebriti.
4. Talk
show adalah suatu
jenis acara yang berupa perbincangan atau diskusi seorang atau sekelompok orang
(bintang tamu) tentang suatu topik tertentu (atau beragam topik) dengan dipandu
oleh pemandu (host). Bintang tamu dalam acara ini biasanya orang-orang yang
telah mempelajari atau memiliki pengalaman luas yang terkait dengan isu yang
sedang diperbincangkan. Talk show bisa
dibawakan dengan gaya formal maupun santai dan kadang dapat menerima telepon
berupa pertanyaan atau tanggapan dari pemirsa atau orang di luar studio.
Televisi memiliki beberapa kelebihan yaitu:
a.
Dapat menyentuh rangsang penglihatan dan pendengaran manusia.
b.
Dapat menghadirkan objek yang amat kecil besar, berbahaya, atau yang
langka
c.
Dapat dikatakan "meniadakan" perbedaan jarak dan waktu.
Televisi dapat memberikan berbagai informasi secara serentak dan
menyebarluaskannya dengan cepat ke berbagai tempat yang berjauhan.
d.
Mampu menyajikan unsur warna, gerakan, bunyi, dan proses dengan baik.
e.
Mudah ditonton tanpa perlu menggelapkan ruangan.
a. Siaran
cepat lewat
Ketika
suatu stasiun televisi sedang menyiarkan informasi dan tertinggal.Maka penonton
tidak dapat mengulang kembali beritanya kembali.Maka itulah televisi mempunyai
kekurangan siarannya cepat lewat.
b. Relatif
mahal
Biaya
yang harus dikeluarkan dalam satu acara memiliki biaya yang tinggi.Hal ini
terjadi karena dalam memproduksi program acara membutuhkan crew yang banyak,
selain itu perlengkapan yang harus dipakai, pakaian yang dikenakan, makan,
listrik, dan sebagainya.
b. Radio
Radio
merupakan salah satu jenis media massa elektronik yang memiliki kekhasan.
Kekhasan yang dimiliki oleh radio adalah sifatnya yang audiolingual. Oleh
karena itu informasi yang terdapat dalam radio hanya dapat diterima dengan
indra pendengaran saja. Radio memiliki beberapa fungsi yaitu menghibur (to
entertain), menginformasikan (to inform), mendidik (to educate),
dan mempengaruhi (to persuade).
Karakteristik
dari adalah:
1.
Modal utama radio adalah suara, tidak ada visualisasi yang tampak nyata.
2.
Produksi siaran radio singkat dan berbiaya murah.
3.
Radio bersifat merakyat karena harga pesawat radio murah, mudah dibawa
kemana saja, dan buta huruf bukanlah suatu kendala bagi pendengarnya.
4.
Produksi radio hanya berbentuk suara, membuat pendengarnya berusaha
memvisualisasikan suara itu dalam benaknya masing-masing. Beberapa faktor yang
mempengaruhi kekuatan siaran
Sama halnya dengan televisi, radio juga
memiliki program siaran unggulan. Program unggulan dalam radio adalah sebagai
berikut.
1.
Musik
Radio adalah media
hiburan dan musik menjadi menu utamanya. Beragam program dengan materi dasar
musik berkembang sesuai karakteristik pendengar dan kebutuhannya. Kreatifitas
penyajian program musik berakar pada beberapa aspek, seperti geografi, dan
jenis musiknya. Dalam sepekan radio siaran biasanya menyusun peringkat lagu
favorit pendengar sebagai salahsatu cara menentukan indikator apresiasi musik.
2.
Berita dan Informasi
Setiap radio dapat memiliki
program siaran berita. Biasanya jenis informasi ringan dan singkat yang digelar
secara monolog atau interaktif di radio juga makin dinikmati pendengar.
3.
Bertutur Interaktif
Dalam konteks ini
bertutur yaitu “melirik” naskah sebagai panduan improvisasi bicara.Tujuan
utamanya untuk menghibur sambil memberikan edukasi.Selain pelayanan permintaan
lagu (song request), ada pula program curahan hati (curhat), kuis,
perbincangan bebas seputar gosip selebriti, hingga permainan yang mengggugah
rasa humor. Beragam teknologi digunakan, mulai surat biasa, SMS, telepon
langsung hingga email.
4.
Diskusi Publik
Bagi kalangan
pendengar dewasa, radio menjadi arena untuk menyampaikan gagasan dan kritik
terhadap situasi sosial, ekopnomi, dan politik. Perencanaan siaran yang cerdik
menangkap peluang ini dengan menyuguhkan beragam acara debat seputar masalah
kesehatan, seksualitas, isu narkoba, dinamika politik elit, masalah lingkungan,
dan lain sebagainya.
Sama seperti media massa yang lainnya, radio
juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari radio adalah:
a.
Cepat dan langsung
Radio menyampaikan
informasi kepada publik tanpa melalui proses yang rumit dan butuh waktu banyak.
Hanya melalui telepon, reporter radio dapat secara langsung menyampaikan berita
atau melaporkan peristiwa yang ada di lapangan.
b.
Hangat
Paduan kata-kata,
musik, dan efek suara dalam siaran radio mampu mempengaruhi emosi pendengar.
Pendengar akan beraksi atas kehangatan suara penyuar dan seringkali berfikir
bahwa penyiar adlah teman dekat bagi mereka.
c.
Sederhana
Radio itu tidak
rumit, tidak banyak pernik.Baik bagi pengelola maupun pendengar.
d.
Murah
Dibandingkan dengan
berlangganan media cetak atau harga pesawat televisi, pesawat radio relatif
lebih murah.Pendengar tidak dipungut biaya sepeserpun untuk mendengar radio.
e.
Fleksibel
Siaran radio bisa
dinikmati sambil mengerjakan hal lain atau tanpa mengganggu aktifitas yang
lain.
Selanjutnya
kekurangan dari radio adalah sebagai berikut.
a.
Siaran radio cepat hilang dan gampang dilupakan karena pendengar tidak
bisa mengulang apa yang didengarnya.
b.
Setiap berita atau informasi yang disiarkan sangat singkat berdasarkan
waktu yang telah ditentukan.
c.
Sering terjadi gangguan, seperti timbul tenggelam (fading) dan
gangguan teknis “channel noise factor”.
3. Media Massa Online
Media massa online biasa disebut juga media
digital. Media ini tersaji di dalam internet dan dapat diakses secara online.
Istilah media massa online dalam bahasa Indonesia adalah media daring (media
dalam jaringan). Berikut ini adalah pengertian media massa online menurut para
ahli.
1. Ashadi Siregar
Menurut Ashadi Siregar pengertian media online adalah penyebutan umum
kepada media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan
internet).Media online ini termasuk website, radio-online, pers online,
dan e-commerce.
2. Lorie Ackerman
Menurut Lorie Ackerman pengertian media
online adalah bentuk penerbitan online yang digunakan untuk menyampaikan
berbagai ide. Secara umum, media online menggunakan komputer dalam penulisan,
pengeditan, pencetakan, atau proses pengiriman publikasi.
Secara umum, media massa online adalah
saluran komunikasi yang ada dalam internet dan dapat dilakukan secara online.
Hal ini dapat berupa teks, video, audio, dan foto. Sedangkan pengertian media
massa online secara khusus adalah semua yang berhubungan dengan komunikasi
massa.
Perbedaan media massa online dengan media
massa lainnya adalah media masa online ini bersifat interaktif. Melalui media
massa online ini memampukan penggunanya melakukan komunikasi. Komukasi dapat
dilakukan secara real time.
Internet sudah merajai dunia media massa.
Kecanggihan internet sudah menguasai dunia. Banyak orang yang sudah mengakui
hal tersebut, dan hampir seluruh dunia lebih memilih internet dibandingkan
media massa cetak. Media massa online meliputi website dan aplikasi,
seperti situs
berita online, situs perusahaan, situs e-commerce, situs media sosial,
situs blog, situs forum komunitas, aplikasi chatting, dan lain sebagainya.
Media massa online memiliki beberapa
ciri-ciri yaitu sebagai berikut.
1. Kecepatan informasi
Media massa online ini memiliki kecepatan
dalam informasi dibandingkan media cetak dan media elektronik. Peristiwa yang
terjadi dapat langsung diupload dalam hitungan menit maupun detik dan peristiwa
ini dapat di ketahui langsung oleh masyarakat melalu internet.
2. Informasi dapat diupdate
Informasi yang disampaikan melalui internet
ini dilakukan secara terus menerus. Jika ada pembaruan informasi, maka dapat
dilakukan perubahan dan perubahan ini dapat dilakukan secara realtime.
3. Dapat berinteraksi dengan audiens
Ini merupakan kelebihan dari media massa
online. Media massa online memiliki fitur email, chat, survey, kolom
komentar, dan lain-lain. Fitur-fitur ini berguna untuk melakukan komunikasi
dengan audiens.
4. Personalisasi
Pengguna media massa dapat memilih atau
menentukan informasi yang ingin diketahuinya.
5. Kapasitas muatan dapat ditambah
Setiap media massa online memiliki tempat
penyimpanan di server komputer. Maka jika melakukan penambahan kapasitas media
penyimpanan, maka tidak perlu khawatir jika informasi lama yang pernah di
publish hilang sementara informasi baru masih bisa di publish.
6. Terhubung dengan sumber lain
Media massa
online dapat dikaitkan dengan sumber lain yang lebih relevan. Sumber yang
berkaitan juga dapat melalui sumber yang sam amaupun sumber yang berbeda.
Dengan menggunakan Hyperlinink pengguna dapat membuka informasi lain.
Media massa
online juga memiliki fungsi dan manfaat. Fungsi dan manfaat media massa online:
1. Informasi
>> melalui media massa online pengguna dapat mendapatkan bermacam-macam
informasi. Pengguna juga dapat memilih informasi yang relevan dan sesuai dengan
kebutuhan pengguna.
2. Sosialisasi
>> media massa online juga dapat meningkatkan sosialisasi dalam
masyarakat.
3. Diskusi
>> melalui media massa online pengguna juga dapat berdiskusi dengan
pengguna media massa yang lain.
4. Pendidikan
>> media massa online dapat meningkatkan pendidikan. Melalui media massa
online ini pengguna bisa mendapatkan informasi yang dapat menambah pengetahuan.
5. Memajukan
kebudayaan >> melalui media massa online juga dapat meningkatkan
pengetahuan dan memperkenalkan kebudayaan yang ada.
6. Hiburan
>> dalam media massa online juga banyak sekali hiburan yang dapat
menghibur pengguna.
7. Integrasi
>> melalui media massa online dapat menyatukan dari segala pendapat
menjadi kesatuan yang utuh.
Seperti yang
telah dijelaskan dalam pengertian media massa online diatas, bahwa penyabaran
informasi media online menggunakan internet. Berdasarkan cara publikasinya,
media massa online dapat dibagi dalam beberapa jenis, yaitu :
a.
Situs Berita Online (Detik.com, Kompas.com, Tribunnews.com,
Liputan6.co
b.
Situs Pemerintah (BPK.go.id, Imigrasi.go.id, Kejaksaan.go.id)
c.
Situs Perusahaan (Promonavigator.com)
d.
Situs E-commerce (Bukalapak.com, Tokopedia.com, Lazada.com)
e.
Situs Blog (Maxmanroe.com)
f.
Situs Forum Komunitas (Kaskus.co.id)
Dalam penggunaannya, media massa online ini
memiliki kelebihan maupun kekurangan yang harus dihadapi oleh pengguna. Berikut
ini kelebihan dan kekurangan dari media massa online.
Kelebihan media massa online :
1. Penyebaran informasi sangat cepat.
2. Informasi atau data lama dapat dibuka kembali
dengan mudah.
3. Bentuk konten yang disampaikan bermacam-macam
yaitu teks, foto, audio, maupun video.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar