Teks iklan secara umum dapat
dibedakan berdasarkan tujuannya ke dalam beberapa jenis:
1. Teks Iklan Keluarga.
Iklan
keluarga atau obituari merupakan iklan yang memuat berita keluarga.
Tujuan dari iklan keluarga bukan untuk menarik perhatian publik dengan maksud
menjual sesuatu. Iklan keluarga bertujuan untuk memberitahukan sebuah informasi
pada beberapa golongan publik terhadap sebuah kabar tertentu. Misalnya berita
kematian, pernikahan, dan kelahiran.
2. Teks
Iklan Pengumuman dan Undangan.
Teks
iklan pengumuman dan undangan berisi pemberitahuan pada khayalak umum atau
golongan tertentu. Teks iklan pengumuman dan undangan bertujuan tidak untuk
menjual barang atau jasa. Iklan seperti ini biasanya dibuat oleh instansi
pemerintah atau badan swasta. Contohnya seperti pengumuman tentang penerimaan
mahasiswa baru, undangan rapat, dan pengumuman pemadaman listrik. Isi pengumuman
ini juga harus jelas, singkat serta disusun secara sistematis. Hal terpenting dalam
pengumuman pesan yang disampaikan harus dapat terlihat jelas. Misalnya dengan
membuat kop dengan menggunakan huruf yang mencolok. Kop yang mencolok akan
membuat pembaca tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai isi pengumuman.
3. Teks Iklan Pasaran Tenaga
Kerja.
Teks iklan pasaran tenaga kerja
merupakan iklan yang dibuat oleh instansi-instansi pemerintah atau badan swasta
yang membutuhkan tenaga kerja. Iklan mencari pekerjaan juga dapat digolongkan
kedalam jenis teks iklan pasaran tenaga kerja. Membuat iklan teks pasaran
tenaga kerja harus jelas dan ringkas, serta hal pokok dikemukakan lebih dahulu
dan diberi penekanan.
4. Teks Iklan Jual Beli dan Sewa
Menyewa.
Teks iklan jual beli dan sewa
menyewa berisi penawaran atau pembelian. Iklan seperti ini juga disebut sebagai
iklan penawaran. Iklan penawaran, dapat meliputi:
a) Penawaran barang atau jasa.
b) Permintaan barang atau jasa.
c) Penawaran mengenai sewa menyewa
rumah.
Informasi utama yang
disampaikan harus menggunakan cetakan tebal dan mencolok agar dapat menarik
perhatian. Misalnya seperti kata “DIJUAL SEGERA”, “DISEWAKAN”.
5. Teks Iklan Propaganda.
Jenis iklan propaganda adalah
iklan mereklamekan barang-barang atau jasa, misalnya seperti pasta gigi, sabun,
barang elektronik, mesin jahit, jasa pengangkutan, jasa bank, dan jasa
asuransi. Tujuan iklan propaganda adalah untuk memperkenalkan atau
mempropagandakan perusahaan yang baru dibuka, barang-barang baru atau
barang-barang istimewa. Teks iklan ini juga disebut sebagai teks iklan
komersial. Teks iklan jenis ini yang paling sering muncul dalam media massa. Iklan
jenis ini harus ditampilkan secara berkala dan berulang dalam berbagai surat
kabar, majalah, dan media massa lainnya. Jenis iklan ini merupakan iklan yang
memiliki tingkat kesulitan paling tinggi dalam penyusunannya. Iklan komersial
harus disusun dengan cara yang benar-benar menarik, memikat, dan actual
sehingga menimbulkan keinginan keras bagi konsumen untuk membeli atau mencoba
barang-barang yang diiklankan tersebut. Karenanya, dalam menyusun iklan yang
bersifat propaganda ini sebuah perusahaan menyerahkan pada suatu badan khusus
seperti biro iklan atau melalui staf khusus dari perusahaan tersebut.
6. Teks Iklan Layanan Masyarakat
Iklan
layanan masyarakat (ILM) adalah iklan yang menyajikan informasi berupa
pesan sosial, tujuannya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap
masalah yang sedang dihadapi, baik kehidupan umum, keselarasan maupun ancaman
sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar