Menurut Iswara (2001) menjelaskan
karakteristik yang dimiliki media online antara lain yaitu :
1. Kecepatan (aktualitas) informasi.
Kejadian atau peristiwa
yang terjadi di lapangan dapat langsung di upload ke dalam situs web
media online ini, tanpa harus menunggu hitungan menit, jam atau hari, seperti
yang terjadi pada media elektronik atau media cetak. Dengan demikian
mempercepat distribusi informasi ke pasar (pengakses), dengan jangkauan global
lewat jaringan internet, dan dalam waktu bersamaan. Umumnya informasi yang ada
tertuang dalam bentuk data dan fakta bukan cerita. Dengan demikian para
penikmat berita juga bisa mendapatkan sebuah berita dengan tingkat aktualitas
yang tinggi.
2. Adanya
pembaruan (updating) informasi
Dalam media masa online,
Informasi disampaikan secara terus menerus, karena adanya pembaruan informasi.
Penyajian yang bersifat realtime ini menyebabkan tidak adanya waktu yang
diiistemewakan (prime time) karena penyediaan informasi berlangsung
tanpa putus, hanya tergantung kapan pengguna mau mengaksesnya.
3. Interaktivitas
Salah satu keunggulan media
online ini yang paling membedakan dirinya dengan media lain adalah fungsi
interaktif. Model komunikasi yang digunakan media konvensional biasanya
bersifat searah (linear) dan bertolak dari kecenderungan sepihak dari
atas (top-down). Sedangkan
media online bersifat dua arah dan egaliter. Berbagai features yang ada seperti
chatroom, e-mail, online polling/survey, games, merupakan contoh interactive
options yang terdapat di media online. Pembaca pun dapat menyampaikan
keluhan, saran, atau tanggapan ke bagian redaksi dan bisa langsung dibalas.
Atau dengan kata lain, dalam media masa online ini, terjadi komunikasi dua arah
antara si pemilik website dengan pembaca. Hubungan ini bisa terjadi melalui
kolom komentar yang disediakan. Bisa juga berupa polling ataupun fasilitas chat
online yang disediakan oleh pemilik website.
4. Personalisasi
Pembaca atau pengguna semakin
otonom dalam menentukan informasi mana yang ia butuhkan. Media online
memberikan peluang kepada setiap pembaca hanya mengambil informasi yang relevan
bagi dirinya, dan menghapus informasi yang tidak ia butuhkan. Jadi selektivitas
informasi dan sensor berada di tangan pengguna (self control).
5. Kapasitas
muatan dapat diperbesar
Isi dalam media masa online,
memuat Informasi yang bisa dikatakan tanpa batas karena didukung media
penyimpanan data yang ada di server komputer dan sistem global. Informasi yang
pernah disediakan akan tetap tersimpan, dan dapat ditambah kapan saja, dan
pembaca dapat mencarinya dengan mesin pencari (search engine). Selain
itu juga, para pembaca bisa membuka lagi media yang sudah lama dimasukan, kapan
saja, karena sudah tersimpan dengan aman.
6. Terhubung dengan sumber lain (hyperlink)
Setiap data dan informasi yang
disajikan dapat dihubungkan dengan sumber lain yang juga berkaitan dengan
informasi tersebut, atau disambungkan ke bank data yang dimiliki media tersebut
atau dari sumber-sumber luar. Karakter hyperlink ini juga membuat para
pengakses bisa berhubungan dengan pengakses lainnya ketika masuk ke sebuah
situs media online dan menggunakan fasilitas yang sama dalam media tersebut,
misalnya dalam chatroom, lewat e-mail atau games.
7. Universal
Berita-berita yang disajikan
dalam media masa online ini memiliki Jangkauan luas dan menyeluruh, artinya
bisa dinikmati oleh orang di seluruh dunia yang memiliki jaringan internet.
Dengan begitu, semua orang bisa mendapatkan informasi dengan cepat.
Terima kasih sangatt membantu
BalasHapus